Dear Ayah & Bunda, Ini Lho 3 Manfaat Mainan Bagi Anak-anak

Dear Ayah & Bunda, Ini Lho 3 Manfaat Mainan Bagi Anak-anak

Ilustrasi Mainan Plastik. (Dok. Freepik)

Bermain menjadi momen emas bagi anak-anak. Berbagai macam bentuk mainan ternyata memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Mainan utamanya hadir sebagai hiburan bagi anak-anak bahkan mainan bisa menjadi media edukasi bagi mereka.

Dengan berbagai macam fungsinya, https://judol-terpercaya.xyz/ mainan bisa membawa banyak manfaat untuk perkembangan anak-anak sebelum mereka beranjak dewasa. Yuk kita cari tahu manfaat apa saja yang bisa diperoleh anak-anak dari mainan mereka!

1. Membantu Perkembangan Imajinasi dan Kreativitas Anak
Mainan dapat membantu mengasah imajinasi dan kreativitas anak-anak. Dengan mainan, anak-anak dapat menciptakan dunia baru bersama mainan yang dimiliki.

Contohnya saja seperti memberikan mainan clay yang mampu memberikan kebebasan bagi anak-anak untuk membuat bentuk sesuai dengan keinginannya. Tak hanya itu, ragam permainan seperti mobil-mobilan dapat mereka mainkan hingga menciptakan adegan serta efek suara sesuai dengan imajinasi mereka.

2. Mendorong Perkembangan Kognitif Anak
Membiarkan anak-anak bermain dengan mainan ternyata juga mampu mendorong perkembangan kognitif mereka. Contohnya, ketika mereka bermain puzzle. Anak-anak akan membutuhkan waktu dan atensi untuk mengumpulkan kepingan-kepingannya menjadi utuh. Hal ini dapat menjadi stimulus bagi anak untuk mengasah fokus mereka dalam menghadapi tantangan seiring berjalannya usia.

3. Menginspirasi Anak Menggapai Masa Depan
Membiarkan anak-anak bermain dengan mainan dapat membuka kesempatan bagi mereka untuk belajar pengetahuan baru. Mainan peralatan dokter atau masak bisa memberikan kebebasan pada anak bermain peran

Mainan seperti itu membuat mereka mengerti peran dokter menggunakan alat tiruan untuk menyembuhkan pasien. Ada pula yang belajar untuk menjadi arsitek melalui lego. Dengain mainan ini menyadari proses pembuatan gedung atau jembatan memerlukan perhatian secara mendetail dan harus berhati-hati saat memasang lego menjadi bentuk yang utuh.

Nah, itu dia tiga manfaat yang dapat diperoleh anak-anak saat bereksplorasi menggunakan mainan. Seiring perkembangan zaman banyak sekali orangtua melupakan betapa pentingnya mainan dan memberikan gawai sebagai peggantinya.

Tak hanya itu, masih banyak pula anak-anak yang sulit mendapatkan mainan karena keadaan dan keterbatasan. Contohnya seperti anak-anak di Nusa Tenggara Timur yang banyak menghabiskan waktu belajar dan bermain tanpa mengenal mainan.

Oleh karena itu, berbuatbaik.id bekerja sama dengan Trans Media Sosial dan Nobox Indonesia menginisiasi donasi mainan untuk anak-anak yang berada di naungan CTARSA Foundation ini melalui gelaran Hobi Berbuat Baik.

Bertajuk “Hobi Berbuat Baik, Hobi Menyenangkan Donasi 100% Tersalurkan”, acara ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 8-10 Desember 2023 di Trans Park Mall Juanda, Bekasi.

Hobi Berbuat Baik merupakan serangkaian acara yang menghadirkan pengalaman unik bagi para kolektor mainan hobi lewat pameran berupa diecast, action figure, dan comic. Selain itu, acara ini memberikan kesempatan kolektor untuk menyumbangkan mainan mereka yang akan disalurkan kepada anak-anak kurang beruntung di tempat tersebut.

Catat tanggalnya dan jangan sampai ketinggalan ya. Mari ambil bagian dalam kegiatan berbagi ini dan bantu anak-anak di Nusa Tenggara Timur mendapatkan kebahagiaan kecil lewat mainan milikmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*