Daftar 10 Negara Paling Damai di Dunia, Ada Indonesia?

Daftar 10 Negara Paling Damai di Dunia, Ada Indonesia?

Balon ikut serta dalam Festival Balon Udara Internasional ke-43 di Chateau-d'Oex, Swiss 24 Januari 2023. (REUTERS/Denis Balibouse)
Tinggal di negara yang damai dan aman adalah impian bagi semua orang. Beberapa waktu lalu, Indeks Perdamaian Global atau Global Peace Index 2023 merilis daftar peringkat negara paling damai di dunia.

Menurut laporan Global Peace Index 2023, https://rtpkas138.skin/ Institute for Economics and Peace (IEP) mengukur tingkat perdamaian suatu negara dari tiga aspek, yakni tingkat keselamatan dan keamanan masyarakat, situasi konflik domestik dan internasional yang berkelanjutan, dan militerisasi.

Secara keseluruhan, IEP melalui Global Peace Index 2023 menemukan bahwa tingkat keamanan dunia menurun jika dibandingkan dengan 2022. Hal ini didasari oleh dampak pandemi Covid-19 yang tidak berubah dari hasil survei 2022.

“Hasil tahun ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat perdamaian global memburuk sebesar 0,42 persen,” tulis laporan Global Peace Index 2023, dikutip Kamis (7/12/2023).

Sejak penelitian Global Peace Index dirilis pada 2008, Islandia kembali menjadi negara paling damai di dunia. Dengan demikian, Islandia merajai posisi sebagai negara teraman di dunia selama 15 tahun berturut-turut.

Tidak hanya negara teraman di dunia, Islandia juga sukses menyabet gelar sebagai negara paling bahagia ketiga di dunia setelah Finlandia dan Denmark.

Lantas, negara mana sajakah yang paling damai di dunia? Berikut daftar 10 negara paling damai di dunia menurut Global Peace Index 2023.

1. Islandia
2. Denmark
3. Irlandia
4. New Zealand atau Selandia Baru
5. Austria
6. Singapura
7. Portugal
8. Slovenia
9. Jepang
10. Swiss

Berdasarkan data tersebut, Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk ke dalam daftar 10 negara paling aman di dunia. Menurut laporan yang sama, Singapura menduduki peringkat kedua sebagai negara paling aman di zona Asia-Pasifik.

Sementara itu, Indonesia menduduki posisi ke-53 sebagai negara teraman di dunia dan posisi ke-12 sebagai negara paling aman di zona Asia-Pasifik. Terlihat, Indonesia masih “kalah aman” jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, yakni Malaysia, Vietnam, Laos, dan Timor Leste.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*