BI Siapkan Uang Pecahan Rp 75 Ribu Untuk THR Lebaran, Minat?

Ilustrasi pecahan uang 75.000. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Menjelang Lebaran 2023, Bank Indonesia (BI) menggelar program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) untuk menyediakan kebutuhan uang baru masyarakat. Pada gelaran Serambi yang kedua kalinya ini, masyarakat dapat menukarkan uang denominasi Rp75.000 Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun Republik Indonesia.

Selain melakukan penukaran di kas keliling Serambi, masyarakat juga dapat mengajukan penukaran melalui pintar.go.id. Mereka yang menggunakan situs tersebut akan diprioritaskan karena sudah dialokasikan modal untuk permintaannya terlebih dulu.

“Karena lewat aplikasi kan bisa, jadi masyarakat bisa milih lokasinya di mana. Ini sekaligus mengimbau masyarakat untuk penukaran ini masyarakat dapat menggunakan layanan aplikasi Pintar. Jadi bisa isi permintaan, milih lokasinya di mana, waktunya di mana dan pecahan atau denominasinya,” kata Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Hari Widodo di depan kas keliling Serambi di Jalan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (10/4/2023).

Ia mengimbau masyarakat untuk menukarkan uangnya melalui BI dan perbankan, terutama secara online melalui pintar.go.id. Sebab penukaran langsung melalui BI lebih aman dari risiko uang palsu. Serta, masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Adapun syaratnya adalah seseorang harus membawa KTP dan membawa nominal yang ingin ditukar dengan uang baru. Untuk satu KTP dapat menukar maksimal Rp3,8 juta per harinya.

Hari menjelaskan uang baru yang tersedia untuk penukaran adalah Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, dan Rp10.000. Uang yang disediakan juga merupakan tahun emisi (TE) 2022.

Hari mendeskripsikan uang keluaran terbaru ini lebih indah karena warnanya lebih kontras dan lebih tahan lama karena materialnya lebih tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*